SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian)

SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian) dan Kartu Kuning/Kartu Pencari Kerja/Ak.1 merupakan dua hal yang harus dimiliki untuk para pencari kerja, utamanya yang ingin mendaftarkan diri sebagai CPNS, Polisi, dll karena sepertinya dua hal/barang itu sudah menjadi syarat utama keabsahan data pencari kerja dan calon pengabdi negara disamping surat keterangan sehat, dan juga ijazah serta surat keterangan lainnya.

Untuk mendapatkan SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian) lumayan ribet, tapi asal kita siapin sebelumnya saya yakin g akan kerepotan. Berikut ini kelengkapan yang harus disiapin kalo kamu mau bikin SKCK:

1. Surat Penagantar
Untuk dapetin surat pengantar dari POLSEK, terlebih dahulu kamu harus dapetin Surat Pengantar dari Pemerintah Desa (Kelurahan) gampang kok, tinggal minta aja sama petugas kelurahannya pasti langsung dibikinin.. Trus, surat pengantar dari Kelurahan itu bawa aja ke Kecamatan (untuk dibuatkan surat pengantar dari kecamatan).. Kalo sudah dapet Surat Pengantar dari kecamatan langsung deh, bawa Surat Pengantar Dari Kecamatan ke POLSEK setempat...

2. Foto copy KTP & KK
Siapin FC KTP & KK sebanyak 2 (dua) lembar. ini merupakan syarat yang harus dipenuhi untuk membuat SKCK baik ketika pemrosesan di POLSEK maupun di POLRES.

3. Foto Copy Rumus Sidik Jari
Rumus Sidik Jari bisa di dapetin di POLRES, buat yang sudah pernah bikin SIM pasti dah punya tuh, coba dicari lagi.. daripada repot bikin lagi.. hayoo... Tapi kalopun harus bikin lagi juga g masalah kok, cuma butuh waktu 10 menitan (tergantung sikon)...
Eitz.. Jangan lupa siapin Foto tambahan untuk bikin Rumus Sidik Jari..

3. Photo Berwarna 4x6 sebanyak 4 (empat) lembar.
Untuk pemrosesan SKCK di POLSEK 2 (dua) Lembar, dan di POLRES juga 2 (dua) Lembar, jadi totalnya 4 (empat) Lembar... woke??

4. Rekomendasi Catatan Kriminal dari POLSEK setempat
Tahap pertama tadi kan kita dah dapet Surat Pengantar dari Kecamatan kan? kalo udah bawa itu mah bisa dipastikan langsung dapet Surat Rekomendasi dari POLSEK..

5. Untuk pendaftaran POLRI biasanya ditambah Foto Copy KTP Orang Tua...

Setelah syaratnya lengkap, segera kumpulkan persyaratan tsb untuk dapetin Formulir yang wajib diisi oleh setiap pencari SKCK (kurang lebih 3 lembar)... Kumpulkan setelah selesai dan SKCK pun jadi...

Jangan lupa di foto copy sesuai kebutuhan dan di legalisir oke... supaya g repot2 lagi tentunya...

Penting: SKCK hanya berlaku selama 3 (tiga) bulan dan bisa diperpanjang selama masa berlakunya belum habis...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengikut